Perusahaan ini akan bernama INSED G3M Distro & Fitness
Center Kependekan dari GREEN 3 MANAGEMENT.
B. Alamat Perusahaan
Kantor dan lokasi pemasaran INSED G3M Distro & Fitness
Center akan bertempat di Jl.Kalibata, Jakarta Selatan.
C. Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan Bisnis Distro ini Berdiri atas kerjasama serta
keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran
yang sama dalam bidang Olahraga, karena sering bertemu dalam
berbagai forum di bidang kesehatan dan olahraga serta
kepedulian terhadap kesehatan tubuh manusia, tiga generasi
muda ini mencetuskan INSED G3M berdiri atas dasar keinginan
yang sama dalam fashion dan olahraga di Jakarta, kota yang
memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang
melimpah dari pada kota lain, tapi masih minim dalam
mempromosikan pentingnya kesehatan tubuh serta berbagian
kebututan fahsion olahraga dalam manangani kebutugan
peralatan olahraga yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
INSED G3M didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi
muda dalam olahraga untuk menciptakan manusia dan
lingkungan yang sehat, juga mengadakan event-event di bidang
olahraga baik itu fitness, erobik, dan lainnya, serta tidak
ketinggalan pula event fashion dan perlengkapan olahraga yang
mendukungnya. Pergantian manajemen diharapkan dapat
memberi akselerasi terhadap perkembangan usaha yang telah
dirintis sebelumnya untuk memanfaatkan segala infrastruktur
yang sudah ada.
Alasan pentingnya Pendirian Green 3 Manajemen Insed:
- Pengelolaan yang lebih profesional
- Etos kerjasama yang lebih baik
- Fleksibilitas dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain
- Perawatan aset yang lebih baik
- Cakupan bidang usaha lebih luas
- Setiap event yang diadakan INSED G3M akan meningkatkan minat generasi muda dalam bidang kesehatan serta serta Citra budaya sehat di Jakarta.
- Memberikan dukungan terhadap kemajuan dalam bidang kesehatan dan fashionOlahraga di Jakarta
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya:
- Memperkenalkan budaya hidup sehat bagi warga sekitar sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit.
- Perusahaan ini juga menganggarkan biaya untuk penghijauan daerah sekitar.
- Membantu para desainer serta penjahit dalam menyalurkan kreativitasnya dalamdesain pakaian olahraga.
- Menyediakan tempat Fitnes dan aerobic bagi mahasiswa dan masyarakat guna mendukung terciptanya generasi yang sehat.
D. Visi dan Misi Perusahaan
Visi : “Jakarta Health Generasion”
Misi : - Menciptakan Masyarakat peduli kesehatan serta
kebersihan lingkungannya.
- Pilot project manajemen 3 Green Insed Distro & Fitness
Center
- Sosialisasi dan aplikasi hidup sehat kepada masyarakat
E. Logo Perusahaan dan Moto
Diskripsi logo :
- Terdiri dari tiga komponen utama : Huruf “G serta M”, dan Gambar angka 3.
- Huruf “G” merupakan inisial dari GREEN 3 MANAJEMENT. Simbol “G” ini diukir membentuk simbol memutar dan berwarna hijau yang memiliki makna bahwa perusahaan distro ini juga bekomitmen menciptakan generasi yang sehat dan mendukung proses daur ulang untuk produknya.
- Lambang angka 3, menunjukkan keterkaitan dengan tiga generasi muda pendirinya.
- Warna dasar yang digunakan yakni hijau dan biru yang memiliki kedekatan dengan unsur lingkungan.
- Moto : Heath generation, Heath Jakarta, green planet!
F. Bidang Usaha
INSED G3M merupakan badan usaha yang bergerak di bidang
jasa dan pemarasaran barang kebutuhan olahraga dengan
mengedepankan manajemen terpadu, serta berorientasi teknologi
lingkungan.
Beberapa usaha yang ingin kembangkan juga meliputi :
- Usaha jasa pengelolaan café sehat.
- Usaha produksi barang daur ulang.
- Fasilitas sauna, Futsal dan Hotspot
G. Manajemen
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
- Satu orang Direktur Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.000.000,- perbulan.
- Dua orang Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab mencatat transaksi dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
- Satu orang Manajer Distro & tempat Fitnes, bertanggung jawab atas kelancaran pengelolaan serta koordinasi karyawan dan perawatan aset. Manajer Distro dan tempat Fitnes mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
- Satu orang Manajer Pemasaran, bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi barang, perluasan pasar, merumuskan sistem pasar, menangani masalah perijinan, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan. Manajer pemasaran mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
Tim Pendukung, terdiri dari :
- Dua Belas orang Karyawan, merupakan pekerja yang sesuai dengan alokasi karyawan : 2 Satpam guna menjaga keamanan dan ketertiban, 3 orang Office Boy menjaga kebersihan dan kenyamanan distro dan tempat fitnes, 2 orang Pelatih Fitnes, dan 8 orang karyawan distro guna melayani konsumen. Pembagian kerja akan dirotasi untuk tiap karyawan dibawah koordinasi manajer Distro & tempat Fitnes. Karyawan dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
- Tiga orang Sopir, merupakan pekerja yang bertugas mengemudikan kendaraan pengangkutan barang dan bertanggung jawab terhadap perawatan kendaraan. Sopir dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
Total kebutuhan dana operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 21.500.000,- per bulan.
H. Deskripsi Produk Barang dan Jasa
1. Jasa Pengelolaan Tempat Fitness dan Distro
Deskripsi
Saat ini, kebutuhan akan hidup sehat merupakan polemik
tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya Jakarta, hidup
sehat menjadi suatu hal yang sangat susah bagi sebagian
masyarakat jakarta karena minimnya sarana tempat olahraga
terbuka yang mendukung akan kebutuhan berolahraga yang
baik, walaupun banyaknya berjamuran tempat – tempat fitnes
di kota pelajar ini tetapi masih di anggap sebagai sarana tempat
olahraga yang mahal meskipun banyak tempat fitness yang
sudah memiliki peralatan yang komplit serta nawarkan harga
miring/paketan bagi masyarakat agar semua kalanggan dapat
menikmatinya, ditambah lagi makin padatnya waktu kegiatan
masyarakat untuk meluangkan waktu untuk berolahraga.
Ditambah juga masih minimnya penjualan sarana
pendukungnya seperti, baju, celana sampai sepatu dan
perlengkapan olah raga yang berkualitas baik namun memiliki
harga yang terjangkau bagi masyarakat umum. Terlebih lagi
masalah akan kebutuhan masyarakat ini tidak tertangani
seluruhnya oleh lembaga pemuda dan olahraga serta dinas-
dinas terkait di wilayah pemerintahan DKI Jakarta , kurangnya
fasilitas pendukung dan event-event mengenai olahraga seperti
senam aerobic massal, lomba gerak jalan bagi masyarakat
setiap akhir pekan juga memberikan pemahaman bagi
masyarakat mengenai pentingnya berolahraga serta hidup
sehat, karena dengan berolahraga kita juga dapat
mempertahankan kondisi tubuh yang baik serta menciptakan
jiwa yang jernih, dengan berolahraga kita juga melatih denyut
jantung lebih baik sehingga juga dapat mengurangi resiko
terkena serangan jantung, stroke, diabetes dan lainnya dalam
kehidupan masyarakat. Di sinilah bisnis ini dimulai. Dengan
manajemen yang baik, permasalahan akan kebutuhan
masyarakat akan hak memperoleh kebutuhan dan sarana
kesehatan dapat dikurangi serta member nilai ekonomisnya
bagi pengelolanya. Target yang tepat untuk usaha distro
olahraga dan fitness adalah masyarakat yang memiliki
kepedulian dan kemauan untuk memperoleh kesehatan
tubuhnya melalui olahraga rutin, Pendapatan dapat diperoleh
dari hasil penjualan perlengkapan olahraga pada distro dan
pendapatan rutin dari hasil kegiatan penyewaan fasilitas alat -
alat fitness,serta penyewaan tempat aerobic.
Manfaat Produk dan Jasa
- Menanggulangi masalah bagi masyarakat pecinta olahraga untuk memdapatkanperlengkapan yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.
- Meningkatkan kebutuhan masyarakat akan perlengkapan olahraga dan kesehanatan di lingkungan.
- Mengurangi kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga yang memadai.
Rencana Harga
Harga yang kami tawarkan mengacu pada standar kualitas
barang yang ditawarkan, yaitu sebesar
Penawaran / Pesaing
Belum ada kompetitor yang memiliki Fasilitas yang memadai
dan lengkap disekitar lokasi dan juga distro yang menawarkan
kebutuhan akan perlengkapan olahraga yang berkualitas baik.
Distro – distro disekitar lokasi kami anggap bukan kompetitor
karena manawarkan produk barang yang berbeda manfaatnya,
kelebihan produk kami adalah: kualitas barang yang baik, setiap
produk dibuat dengan daya seni yang menarik bagi konsumen,
menawarkan harga diskon setiap bulannya, pelayanan
konsumen yang dapat diandalkan serta lokasi dikelola dengan
ramah lingkugan dan nyaman.
Daftar Harga dan Jadwal FITNESS CENTER
Harga yang ditawarkan untuk menggunakan fasilitas fitness
yaitu bisa dengan Membership yang dibayar tiap bulan atau juga
per visit/ Insidentil sesuai dengan jadwal yang ditentukan
INSIDENTIL / PER VISIT
I. Strategi dan Proyeksi Pemasaran
Strategi Pemasaran
- Sebelum menajalankan dan mengelola perusahaan setidaknya mendapatkan informasi akan kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga dan kebutuhan akan perlengkapannya.
- Mensosialisasikan pentingnya budaya sehat bagi masyarakat, memberikan harga diskon dan jaminan kualitas barang.
- Memberikan tawaran paket hemat untuk penyewaan tempat fitness dan aerobik.
- Mengadakan lomba berteman “Body Muscle” bagi para pelanggan fitness.
- Mengikuti serta menseponsori pameran-pameran olahraga.
- Mengadakan event – event untuk menarik minat masyarakat untuk hidup sehat dan pentingnya berolahraga.
Proyeksi Pemasaran
Proyeksi pemasaran kami susun berdasarkan informasi yang
akurat, sehingga proyeksi yang dicantumkan merupakan target
yang rasional untuk dicapai pengelola.
J. Rencana Operasional Distro dan Fitness
Lokasi
Pengelolaan tempat akan dilakukan di jalan Kaliurang Km 5
bekas lokasi rumah maka Ananda. Dengan Luas bangunan yang
dibutuhkan ±250 m2 berdiri di atas lahan seluas ±300 m2. Dengan
insfrastruktur yang ada, dan juga memiliki kapasitas parkir yang
luas guna mendukung pengembangan perusahaan untuk
menambah fasilitas jasa café sehat.
Fasilitas
Sebagian besar fasilitas yang diperlukan untuk operasional INSED
G3M Distro dan Fitness Center. Adapun fasilitas diperlukan untuk
menunjang kegiatan INSED G3M adalah sebagai berikut :
- Peralatan Fitnes, 4 unit Cardion serta 7 unit berbagai alat fitness.
- Kendaraan transportasi distribusi barang
- 6 set sofa panjang,
- 1 unit ganset, kapasitas 1200 watt, 8 unit AC 4 PK.
- Seragam Karyawan (Baju, dan celana, sepatu boot).
- 3 buah Lokker besar.
- 2 unit komputer
Proyeksi Kebutuhan Investasi
Kebutuhan investasi terdiri dari 2 macam yaitu investasi aset dan
investasi tunai. Investasi aset berasal dari semua aset yang dikelola
oleh manajemen INSED G3M Distro dan Fitness, Investasi tunai
berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap bisnis
perusahaan. Total biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam
tabel berikut ini
Prediksi Biaya Operasional yang dikeluarkan tiap bulan:
Investasi tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 150.000.000,-
sedangkan sebagai investasi aset senilai Rp 560.400.000,- sehingga
investasi totalnya menjadi Rp. 710.400.000,-
K. Proyeksi Finansial
Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya
produksi selama setahun. Profit investasi didapatkan dari laba
dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang meliputi: penelitian
dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).
Worst CaseScenario
Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2 kemungkinan,
yaitu:
- Kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan/
target, maka kondisi penjualan minimum yang harus diupayakan
sehingga biaya produksi tertutupi. Proyeksi penjualan Worst
Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan
terburuk adalah:
Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional
sesuai dengan kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan,
sehingga biaya operasiona dapat tertutupi oleh total penjualan.
Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa
pengelolaan dan promosi ke kawasan komersil (setingkat mall
atau perumahan).
Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi
daya tampung perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer
yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat
menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat
merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan
mengakibatkan menurunnya kepercayaan konsumen.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah:
Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer,
sehingga produk terserap sebanyak-banyaknya. Melakukan
pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi
kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.Melakukan
outsourcing supplyer, sehingga barang yang masuk langsung
dipilah dan dikirimkan ke penampung/gudang hari itu juga,
sehingga diharapkan volumenya meningkat 50%.
L. Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah
Rp.710.400.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp.
150.000.000,- dan aset INSED G3M Distro & Fitness Center
sebesar Rp. 860.400.000,-. Kami mengharapkan dana tersebut
diperoleh dari : Lembaga Peduli Kesehatan Para Investor yang
mendukung Budaya Hidup Sehat bagi masyarakat.
Pemilik aset Perusahaan Produk Minuman dan Makanan untuk
kesehatan Sumber Pendanaan yang lain. Bagi investor, profit
sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari
keuntungan tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk
pihak manajemen dan investor. Jika terdapat lebih dari satu
investor, maka persentase bagi hasil untuk investor ditentukan
berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total
kebutuhan investasi.
M. Penutup
Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan
sebagaimana mestinya. Dokumen dalam proposal disusun bagi
lembaga – lembaga kesehatan dan olahraga untuk membangun
dan menciptakan budaya hidup sehat bagi masyarakat yang kami
maksudkan untuk menerima proposal ini. Kami harapkan
kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap
dunia Olahraga lebih dalam. Sehingga dapat membangun manusia
yang sehat dan bugar. Diharapkan permasalahan dalam
memfasilitas kebutuhan sarana dan perlengkapan olahraga bagi
bagi masyarakat Yogyakarta dapat teratasi dengan pembagunan
Distro dan Fitnes Center ini. Untuk itu kami mohon bantuan dari
pihak yang berwenang agar pendirian INSED G3M Distro &
Fitness Center dapat terlaksana dengan baik.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Depok, 7 Juli 2013
Tim Penggagas
INSED G3M Distro & Fitness Center
Tidak ada komentar:
Posting Komentar