Proposal Rancangan Perusahaan Distro Pakaian Olahraga

A. Nama Perusahaan
     Perusahaan ini akan bernama INSED G3M Distro & Fitness  
     Center Kependekan dari GREEN 3 MANAGEMENT.

B. Alamat Perusahaan
     Kantor dan lokasi pemasaran INSED G3M Distro & Fitness 
     Center akan bertempat di Jl.Kalibata, Jakarta Selatan.

C. Latar Belakang Perusahaan
     Perusahaan Bisnis Distro ini Berdiri atas kerjasama serta 
     keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran 
     yang sama dalam bidang Olahraga, karena sering bertemu dalam 
     berbagai forum di bidang kesehatan dan olahraga serta 
     kepedulian terhadap kesehatan tubuh manusia, tiga generasi 
     muda ini mencetuskan INSED G3M berdiri atas dasar keinginan 
     yang sama dalam fashion dan olahraga di Jakarta, kota yang 
     memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang 
     melimpah dari pada kota lain, tapi masih minim dalam 
     mempromosikan pentingnya kesehatan tubuh serta berbagian 
     kebututan fahsion olahraga dalam manangani kebutugan 
     peralatan olahraga yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya. 
     INSED G3M didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi 
     muda dalam olahraga untuk menciptakan manusia dan 
     lingkungan yang sehat, juga mengadakan event-event di bidang 
     olahraga baik itu fitness, erobik, dan lainnya, serta tidak 
     ketinggalan pula event fashion dan perlengkapan olahraga yang 
     mendukungnya. Pergantian manajemen diharapkan dapat 
     memberi akselerasi terhadap perkembangan usaha yang telah 
     dirintis sebelumnya untuk memanfaatkan segala infrastruktur 
     yang sudah ada.
     Alasan pentingnya Pendirian Green 3 Manajemen Insed:

  • Pengelolaan yang lebih profesional
  • Etos kerjasama yang lebih baik
  • Fleksibilitas dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain
  • Perawatan aset yang lebih baik
  • Cakupan bidang usaha lebih luas
  • Setiap event yang diadakan INSED G3M akan meningkatkan minat generasi muda dalam bidang kesehatan serta serta Citra budaya sehat di Jakarta.
  • Memberikan dukungan terhadap kemajuan dalam bidang kesehatan dan fashionOlahraga di Jakarta

    Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya: 
  • Memperkenalkan budaya hidup sehat bagi warga sekitar sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit.
  • Perusahaan ini juga menganggarkan biaya untuk penghijauan daerah sekitar.
  • Membantu para desainer serta penjahit dalam menyalurkan kreativitasnya dalamdesain pakaian olahraga.
  • Menyediakan tempat Fitnes dan aerobic bagi mahasiswa dan masyarakat guna mendukung terciptanya generasi yang sehat.

D. Visi dan Misi Perusahaan
     Visi  : “Jakarta Health Generasion”
     Misi : - Menciptakan Masyarakat peduli kesehatan serta 
                 kebersihan lingkungannya.
              - Pilot project manajemen 3 Green Insed Distro & Fitness 
                Center
              - Sosialisasi dan aplikasi hidup sehat kepada masyarakat

E. Logo Perusahaan dan Moto
    Diskripsi logo :
  • Terdiri dari tiga komponen utama : Huruf “G serta M”, dan Gambar angka 3.
  • Huruf “G” merupakan inisial dari GREEN 3 MANAJEMENT. Simbol “G” ini diukir membentuk simbol memutar dan berwarna hijau yang memiliki makna bahwa  perusahaan distro ini juga bekomitmen menciptakan generasi yang sehat dan mendukung proses daur ulang untuk produknya.
  • Lambang angka 3, menunjukkan keterkaitan dengan tiga generasi muda pendirinya.
  • Warna dasar yang digunakan yakni hijau dan biru yang memiliki kedekatan dengan unsur lingkungan.
  • Moto : Heath generation, Heath Jakarta, green planet!
F. Bidang Usaha
     INSED G3M merupakan badan usaha yang bergerak di bidang 
     jasa dan pemarasaran barang kebutuhan olahraga dengan 
     mengedepankan manajemen terpadu, serta berorientasi teknologi 
     lingkungan.  
    Beberapa usaha yang ingin kembangkan juga meliputi :
  • Usaha jasa pengelolaan café sehat.
  • Usaha produksi barang daur ulang.
  • Fasilitas sauna, Futsal dan Hotspot
G. Manajemen 
     Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
  • Satu orang Direktur Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.000.000,- perbulan.
  • Dua orang Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab mencatat transaksi dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
  • Satu orang Manajer Distro & tempat Fitnes, bertanggung jawab atas kelancaran pengelolaan serta koordinasi karyawan dan perawatan aset. Manajer Distro dan tempat Fitnes mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
  • Satu orang Manajer Pemasaran, bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi barang, perluasan pasar, merumuskan sistem pasar, menangani masalah perijinan, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan. Manajer pemasaran mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
    Tim Pendukung, terdiri dari :
  • Dua Belas orang Karyawan, merupakan pekerja yang sesuai dengan alokasi karyawan : 2 Satpam guna menjaga keamanan dan ketertiban, 3 orang Office Boy menjaga kebersihan dan kenyamanan distro dan tempat fitnes, 2 orang Pelatih Fitnes, dan 8 orang karyawan distro guna melayani konsumen. Pembagian kerja akan dirotasi untuk tiap karyawan dibawah koordinasi manajer Distro & tempat Fitnes. Karyawan dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
  • Tiga orang Sopir, merupakan pekerja yang bertugas mengemudikan kendaraan pengangkutan barang dan bertanggung jawab terhadap perawatan kendaraan. Sopir dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
      Total kebutuhan dana operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 21.500.000,- per bulan.

H. Deskripsi Produk Barang dan Jasa
     1. Jasa Pengelolaan Tempat Fitness dan Distro
         Deskripsi
         Saat ini, kebutuhan akan hidup sehat merupakan polemik 
         tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya Jakarta, hidup 
         sehat menjadi suatu hal yang sangat susah bagi sebagian 
         masyarakat jakarta karena minimnya sarana tempat olahraga 
         terbuka yang mendukung akan kebutuhan berolahraga yang 
         baik, walaupun banyaknya berjamuran tempat – tempat fitnes 
         di kota pelajar ini tetapi masih di anggap sebagai sarana tempat  
         olahraga yang mahal meskipun banyak tempat fitness yang 
         sudah memiliki peralatan yang komplit serta nawarkan harga 
         miring/paketan bagi masyarakat agar semua kalanggan dapat 
         menikmatinya, ditambah lagi makin padatnya waktu kegiatan 
         masyarakat untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. 
         Ditambah juga masih minimnya penjualan sarana 
         pendukungnya seperti, baju, celana sampai sepatu dan 
         perlengkapan olah raga yang berkualitas baik namun memiliki 
         harga yang terjangkau bagi masyarakat umum. Terlebih lagi 
         masalah akan kebutuhan masyarakat ini tidak tertangani 
         seluruhnya oleh lembaga pemuda dan olahraga serta dinas-
         dinas terkait di wilayah pemerintahan DKI Jakarta , kurangnya 
         fasilitas pendukung dan event-event mengenai olahraga seperti 
         senam aerobic massal, lomba gerak jalan bagi masyarakat 
         setiap akhir pekan juga memberikan pemahaman bagi
         masyarakat mengenai pentingnya berolahraga serta hidup 
         sehat, karena dengan berolahraga kita juga dapat 
         mempertahankan kondisi tubuh yang baik serta menciptakan 
         jiwa yang jernih, dengan berolahraga kita juga melatih denyut 
         jantung lebih baik sehingga juga dapat mengurangi resiko 
         terkena serangan jantung, stroke, diabetes dan lainnya dalam 
         kehidupan masyarakat. Di sinilah bisnis ini dimulai. Dengan 
         manajemen yang baik, permasalahan akan kebutuhan 
         masyarakat akan hak memperoleh kebutuhan dan sarana 
         kesehatan dapat dikurangi serta member nilai ekonomisnya 
         bagi pengelolanya. Target yang tepat untuk usaha distro 
         olahraga dan fitness adalah masyarakat yang memiliki 
         kepedulian dan kemauan untuk memperoleh kesehatan 
         tubuhnya melalui olahraga rutin, Pendapatan dapat diperoleh 
         dari hasil penjualan perlengkapan olahraga pada distro dan 
         pendapatan rutin dari hasil kegiatan penyewaan fasilitas alat - 
         alat fitness,serta penyewaan tempat aerobic.

         Manfaat Produk dan Jasa
  • Menanggulangi masalah bagi masyarakat pecinta olahraga untuk memdapatkanperlengkapan yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.
  • Meningkatkan kebutuhan masyarakat akan perlengkapan olahraga dan kesehanatan di lingkungan.
  • Mengurangi kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga yang memadai.
         Rencana Harga 
         Harga yang kami tawarkan mengacu pada standar kualitas 
         barang yang ditawarkan, yaitu sebesar
       Penawaran / Pesaing
       Belum ada kompetitor yang memiliki Fasilitas yang memadai 
       dan lengkap disekitar lokasi dan juga distro yang menawarkan 
       kebutuhan akan perlengkapan olahraga yang berkualitas baik. 
       Distro – distro disekitar lokasi kami anggap bukan kompetitor 
       karena manawarkan produk barang yang berbeda manfaatnya, 
       kelebihan produk kami adalah: kualitas barang yang baik, setiap 
       produk dibuat dengan daya seni yang menarik bagi konsumen, 
       menawarkan harga diskon setiap bulannya, pelayanan 
       konsumen yang dapat diandalkan serta lokasi dikelola dengan 
       ramah lingkugan dan nyaman.

       Daftar Harga dan Jadwal FITNESS CENTER
       Harga yang ditawarkan untuk menggunakan fasilitas fitness 
       yaitu bisa dengan Membership yang dibayar tiap bulan atau juga 
       per visit/ Insidentil sesuai dengan jadwal yang ditentukan

     
      INSIDENTIL / PER VISIT

I. Strategi dan Proyeksi Pemasaran
    Strategi Pemasaran
  • Sebelum menajalankan dan mengelola perusahaan setidaknya mendapatkan informasi akan kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga dan kebutuhan akan perlengkapannya.
  • Mensosialisasikan pentingnya budaya sehat bagi masyarakat, memberikan harga diskon dan jaminan kualitas barang.
  • Memberikan tawaran paket hemat untuk penyewaan tempat fitness dan aerobik.
  • Mengadakan lomba berteman “Body Muscle” bagi para pelanggan fitness.
  • Mengikuti serta menseponsori pameran-pameran olahraga.
  • Mengadakan event – event untuk menarik minat masyarakat untuk hidup sehat dan pentingnya berolahraga.
   Proyeksi Pemasaran
   Proyeksi pemasaran kami susun berdasarkan informasi yang 
   akurat, sehingga proyeksi yang dicantumkan merupakan target 
   yang rasional untuk dicapai pengelola.

J. Rencana Operasional Distro dan Fitness
    Lokasi
    Pengelolaan tempat akan dilakukan di jalan Kaliurang Km 5 
    bekas lokasi rumah maka Ananda. Dengan Luas bangunan yang 
   dibutuhkan ±250 m2 berdiri di atas lahan seluas ±300 m2. Dengan 
   insfrastruktur yang ada, dan juga memiliki kapasitas parkir yang 
   luas guna mendukung pengembangan perusahaan untuk 
   menambah fasilitas jasa café sehat. 
   Fasilitas
   Sebagian besar fasilitas yang diperlukan untuk operasional INSED    
   G3M Distro dan Fitness Center. Adapun fasilitas diperlukan untuk  
   menunjang kegiatan INSED G3M adalah sebagai berikut :
  • Peralatan Fitnes, 4 unit Cardion serta 7 unit berbagai alat fitness.
  • Kendaraan transportasi distribusi barang
  • 6 set sofa panjang, 
  • 1 unit ganset, kapasitas 1200 watt, 8 unit AC 4 PK.
  • Seragam Karyawan (Baju, dan celana, sepatu boot).
  • 3 buah Lokker besar.
  • 2 unit komputer
   Proyeksi Kebutuhan Investasi
   Kebutuhan investasi terdiri dari 2 macam yaitu investasi aset dan   
   investasi tunai. Investasi aset berasal dari semua aset yang dikelola 
   oleh manajemen INSED G3M Distro dan Fitness, Investasi tunai 
   berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap bisnis 
   perusahaan. Total biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam 
   tabel berikut ini

   Prediksi Biaya Operasional yang dikeluarkan tiap bulan:
   Investasi tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 150.000.000,-    
   sedangkan sebagai investasi aset senilai Rp 560.400.000,- sehingga 
   investasi totalnya menjadi Rp. 710.400.000,-


K. Proyeksi Finansial
        Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya 
     produksi selama setahun. Profit investasi didapatkan dari laba 
     dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang meliputi: penelitian 
     dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).

     Worst CaseScenario
     Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2 kemungkinan, 
     yaitu:
  • Kondisi penjualan minimum
      Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan/ 
      target, maka kondisi penjualan minimum yang harus diupayakan 
      sehingga biaya produksi tertutupi. Proyeksi penjualan Worst 
      Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal.
     
      Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan 
      terburuk adalah:
      Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional 
      sesuai dengan kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan, 
      sehingga biaya operasiona dapat tertutupi oleh total penjualan.
     Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa 
     pengelolaan dan promosi ke kawasan komersil (setingkat mall 
     atau perumahan).

     Over Order
     Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi 
     daya tampung perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer 
     yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat  
     menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat 
     merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan 
     mengakibatkan menurunnya kepercayaan konsumen.

     Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah:
     Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer, 
     sehingga produk terserap sebanyak-banyaknya. Melakukan 
     pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi
     kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.Melakukan 
     outsourcing supplyer, sehingga barang yang masuk langsung 
     dipilah dan dikirimkan ke penampung/gudang hari itu juga, 
     sehingga diharapkan volumenya meningkat 50%.

L. Pendanaan dan Kerjasama
     Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah  
     Rp.710.400.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp. 
     150.000.000,- dan aset INSED G3M Distro & Fitness Center 
     sebesar Rp. 860.400.000,-. Kami mengharapkan dana tersebut 
     diperoleh dari : Lembaga Peduli Kesehatan Para Investor yang 
     mendukung Budaya Hidup Sehat bagi masyarakat.
     Pemilik aset Perusahaan Produk Minuman dan Makanan untuk 
     kesehatan Sumber Pendanaan yang lain. Bagi investor, profit 
     sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari
     keuntungan tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk 
     pihak manajemen dan investor. Jika terdapat lebih dari satu 
     investor, maka persentase bagi hasil untuk investor ditentukan 
     berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total 
     kebutuhan investasi.

M. Penutup
         Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan 
      sebagaimana mestinya. Dokumen dalam proposal disusun bagi 
      lembaga – lembaga kesehatan dan olahraga untuk membangun 
      dan menciptakan budaya hidup sehat bagi masyarakat yang kami
      maksudkan untuk menerima proposal ini. Kami harapkan 
      kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap 
     dunia Olahraga lebih dalam. Sehingga dapat membangun manusia 
     yang sehat dan bugar. Diharapkan permasalahan dalam 
     memfasilitas kebutuhan sarana dan perlengkapan olahraga bagi 
     bagi masyarakat Yogyakarta dapat teratasi dengan pembagunan 
     Distro dan Fitnes Center ini. Untuk itu kami mohon bantuan dari 
     pihak yang berwenang agar pendirian INSED G3M Distro & 
     Fitness Center dapat terlaksana dengan baik.

     Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.



                                                                              Depok, 7 Juli 2013



                                                                     Tim Penggagas
                                                  INSED G3M Distro & Fitness Center


Tidak ada komentar:

Posting Komentar